Selamat Datang di Blog Dunia Materi Matematika

Pendidikan Indonesia

Senin, 06 Juni 20110 komentar

Pendidikan. . . ??? adalah kata yang mungkin sehari-hari kita dengar baik dari para mahasisiwa maupun para pelajar. Sebenarnya apa sieh pengertian yang ada pada kata yang terdiri dari 10 huruf ini. Pengertian diartikan sebagai proses yang dilakukan secara sadar dalam mencari tahu apa yang belum diketahui. Pendidikan dibagi menjadi 2 bidang yakni pendidikan formal dan pendidikan non formal. Untuk pendidikan formal juga memiliki tingkatan sesuai dengan tingkat pola pikir pada peserta didik itu sendiri. Jika kita berbicara masalah pendidikan, banyak sekali yang akan kita bicarakan karena memiliki banyak bidang-bidang yang dibagi oleh pendidikan itu sendiri.

Diatas sudah kita jelaskan bahwa apa itu pengertian itu sendiri, tetapi pada kali ini kami akan menjelaskan pendidikan pada lingkup yang lebih spesifik yakni pendidikan yang ada pada negara kita ini yakni pendidikan indonesia. Pendidikan indonesia adalah pendidikan yang ada pada indonesia itu sendiri. Pendidikan indonesia adalah segala sesuatu yang mencangkup pada dunia pendidikan pada negara kita tercinta ini.

Pada pendidikan ada istilah yang kita sering dengar yakni Pada pendidikan indonesia mempunyai tingkatan-tingkatan yakni belajar, mengajar dan diajar. Ketiga kata ini memiliki peranan yang sangat signifikan yang saling ketergantungan. Selain itu pendidikan juga memiliki subyek dan obyek yang nyata disini yang berperan sebagai subyek adalah manusia baik peserta didik maupun pendidik selain itu pendidikan juga memiliki faktor pendukung dalam meningkatkan pendidikan yakni faktor lingkungan (eksternal) dan faktor dari dalam (internal) yakni bisa berupa keluarga dan sebagainya.

Pendidikan di indonesia memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda-beda sesuai dengan pola pikir pesserta didiknya. Tingkatan-tingkatan ini antara lain : Pendidikan untuk Usia Dini (TK), Pendidikan Dasar (SD), Pendidikan Menengah Pertama (SMP), Pendidikan Menengah Atas (SMA) dan masuk pada perguruan tinggi. Jika kita cermati tingkatan-tingkatan dari pendidikan di atas berbeda karena tidak mungkin peserta didik yang masih berumur dini diberikan pendidikan yang setara dengan pendidikan dasar terlebih-lebih sampai pendidikan menengah.

Jika kita merenungkan sejenak pendidikan adalah salah satu tujuan yang memang ingin dilksanakan oleh bangsa tercinta ini. Ini terbukti pada pembukaan Undang-Undang ’45 yang pada alinea 4 mengatakan bahwa “mencerdaskan kehidupan bangsa”, kata ini adalah kata yang memang cita-cita bangsa indonesia dari sejak pramerdeka samapi merdeka sekalipun pendidikan untuk masyarakat itu real harus dilakukan. Wujud dari sikap pemerintah dalam menjalankan amanant nasional itu banyak sekali diantaranya bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat-masyarakat yang memang kuarang manpu dengan memberlakukan sekolah gratis, beasisawa dan lain sebagainya.

Pendidikan di indonesia memang pada hakekatnya pada sekarang ini belum sesempurna yang ingin dikatakan pada pembukaan tapi setidaknya pemerintah selalu berupaya dan terus berupaya memberikan pendidikan kepada rakyatnya. Setelah keluarnya HAM diindonesia pada tahun 1998 semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan, tidak pernah memandang miskin atau kaya, pejabat atau pemulung dan lain sebagainya. Tapi jika kita melihat realita yang terjadi masih banyak warga negara yang memang belum tersentuh dengan pendidikan.

Pesan kami sebagai mahasiswa adalah sesuai dengan filosofi yang pernah saya baca adalah “Prestasi tidak diukur dengan apa yang kita raih tetapi diukur dengan seberapa berat rintangan yang kita tempuh” dari filosofi ini dapat kita simpulkan bawhwa jika ingin berprestasi maka harus kita tempuh dengan semangat dan tanpa berputus asa, jadi untuk pendidikan indonesia berikan yang terbaik buat warga negaramu dan waraga negara akan memberikan yang terbaik untukmu guna meningkatkan pendidikan indonesia sehingga cita-cita bangsa dalam pembukaan Undang-Undang ’45 dapat terpenuhi.


Share this article :

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar!!!!

Yas Arman Al-Yho. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Home | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Dunia Materi Matematika - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger